www.dimensinews.co.nr

Terkadang, seseorang lebih memilih tuk tersenyum, hanya karena tak ingin menjelaskan mengapa dia bersedih.

www.dimensinews.co.nr

Terkadang, seseorang lebih memilih tuk tersenyum, hanya karena tak ingin menjelaskan mengapa dia bersedih.

www.dimensinews.co.nr

Terkadang, seseorang lebih memilih tuk tersenyum, hanya karena tak ingin menjelaskan mengapa dia bersedih.

www.dimensinews.co.nr

Terkadang, seseorang lebih memilih tuk tersenyum, hanya karena tak ingin menjelaskan mengapa dia bersedih.

www.dimensinews.co.nr

Terkadang, seseorang lebih memilih tuk tersenyum, hanya karena tak ingin menjelaskan mengapa dia bersedih.

Selasa, 22 Juli 2014

Ini Pidato Pertama Jokowi Sebagai Presiden Terpilih


Ini Pidato Pertama Jokowi Sebagai Presiden Terpilih

Jakarta - Joko Widodo menyampaikan pidato pertama sebagai presiden terpilih di atas Kapal Phinisi di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Jokowi mengajak rakyat bersatu untuk bergerak bersama membangun Indonesia.

Jokowi yang mengenakan batik dominan warna cokelat berpidato didampingi oleh Jusuf Kalla yang mengenakan batik ungu dilapis jaket hitam di atas Kapal Phinisi, Selasa (22/7/2014).

Pria 53 tahun ini meminta masyarakat kembali ke lingkungannya masing-masing. Persaingan yang ada selama gelaran Pilpres 2014 harus dilupakan. Semua atribut kampanye di Pilpres 2014 harus ditinggalkan.

"Lupakanlah nomor 1 dan lupakanlah nomor 2, marilah kembali ke Indonesia Raya," ucap eks Wali Kota Solo ini.

Berikut pidato lengkap Jokowi di atas Kapal Phinisi:

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam Damai Sejahtera untuk kita semua,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air
Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia telah menetapkan kami berdua, Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih 2014 - 2019.

Pertama-tama, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada bapak Prabowo Subianto dan bapak Hatta Rajasa yang telah menjadi sahabat dalam kompetisi politik untuk mendapatkan mandat rakyat untuk memimpin negeri ini lima tahun ke depan.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,

Kemenangan ini adalah kemenangan seluruh rakyat Indonesia. Saya berharap, kemenangan rakyat ini akan melapangkan jalan untuk mencapai dan mewujudkan Indonesia yang berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian secara kebudayaan.

Namun, dalam beberapa bulan terakhir, perbedaan pilihan politik seakan menjadi alasan untuk memisahkan kita. Padahal kita pahami bersama, bukan saja keragaman dan perbedaan adalah hal yang pasti ada dalam demokrasi, tapi juga bahwa hubungan-hubungan pada level masyarakat adalah tetap menjadi fondasi dari Indonesia yang satu.

Dengan kerendahan hati kami, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, menyerukan kepada saudara-saudara sebangsa dan setanah air untuk kembali ke takdir sejarahnya sebagai bangsa yang bersatu; bangsa yang satu, bangsa Indonesia. Pulihkan kembali hubungan keluarga dengan keluarga, tetangga dengan tetangga, serta teman dengan teman yang sempat renggang.

Kita bersama sama bertanggung-jawab untuk kembali membuktikan kepada diri kita, kepada bangsa-bangsa lain, dan terutama kepada anak-cucu kita, bahwa politik itu penuh keriangan; politik itu di dalamnya ada kegembiraan; politik itu ada kebajikan; politik itu adalah suatu pembebasan.
Saudara-saudara sebangsa dan setanah air,

Pemilihan Umum Presiden kali ini memunculkan optimisme baru bagi kita, bagi bangsa ini. Jiwa merdeka dan tanggung jawab politik bermekaran dalam jiwa generasi baru. Kesukarelaan yang telah lama terasa mati suri kini hadir kembali dengan semangat baru. Pemilihan Umum Presiden telah membawa politik ke sebuah fase baru bukan lagi sebagai sebuah peristiwa politik semata-mata, tetapi peristiwa kebudayaan. Apa yang ditunjukkan para relawan, mulai dari pekerja budaya dan seniman, sampai pengayuh becak, memberikan harapan bahwa ada semangat kegotong-royongan, yang tak pernah mati.

Semangat gotong royong itulah yang akan membuat bangsa Indonesia bukan saja akan sanggup bertahan dalam menghadapi tantangan, tapi juga dapat berkembang menjadi poros maritim dunia, locus dari peradaban besar politik masa depan.

Saya hakkul yakin bahwa perjuangan mencapai Indonesia yang berdaulat, Indonesia yang berdikari dan Indonesia yang berkepribadian, hanya akan dapat tercapai dan terwujud apabila kita bergerak bersama.

INILAH SAATNYA BERGERAK BERSAMA!

Mulai sekarang, petani kembali ke sawah.

Nelayan kembali melaut
Anak kembali ke sekolah.
Pedagang kembali ke pasar.
Buruh kembali ke pabrik.
Karyawan kembali bekerja di kantor.
Lupakanlah nomor 1 dan lupakanlah nomor 2, marilah kembali ke Indonesia Raya.

Kita kuat karena bersatu, kita bersatu karena kuat!

Salam 3 Jari, Persatuan Indonesia!

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Om Shanti Shanti Shanti Om,
Namo Buddhaya

Merdeka!!! Merdeka!!! Merdeka!!!

Joko Widodo – Jusuf Kalla
22 Juli 2014

Rabu, 19 Desember 2012

Membuat Search Engine Sederhana Menggunakan Sphinx Search


Hallo teman-teman pembaca setia blog saya (#narsis). Kali ini saya akan mencoba bikin tutorial dengan judul "Membuat Search Engine Sederhana Menggunakan Sphinx Search". Sebenarnya ini merupakan salah satu tugas dari mata kuliah Temu Kembali Informasi atau kalau bahasa kampung saya"Information Retrieval" Jadi gini, intinya kita akan mencoba membuat Search Engine sederhana layaknya Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya dengan menggunakan Framework Sphinx Search.

Oke langsung saja ke tahap pembuatannya :
1. Download Sphinx Search dan pilih sesuai OS anda.
2. Setelah itu Ekstrak file hasil download tadi dan rename namanya menjadi "sphinx" (tanpa tanda kutip) dan   saya sarankan supaya menaruh folder "sphinx" tadi ke dalam drive C supaya tutorialnya nanti sama.
3. Kemudian di dalam folder sphinx, cari file bernama sphinx.conf.in (buka dengan notepad++) kemudian edit semua isinya menjadi :


source srcxml
{
 type = xmlpipe
 xmlpipe_command = type C:\sphinx\corpus\corpus.xml
 xmlpipe_field = docno
 xmlpipe_field = title
 xmlpipe_field = content
 xmlpipe_fixup_utf8 = 1
}
index test1
{
 source = srcxml
 path = c:/sphinx/data/test1
 docinfo = extern
 min_word_len = 3
 charset_type = utf-8
 enable_star = 0
 html_strip = 0
}
indexer
{
 mem_limit = 32M
}
searchd
{
 port = 9312
 log = c:/sphinx/log/searchd.log
 query_log = c:/sphinx/log/query.log
 read_timeout = 5
 max_children = 30
 pid_file = c:/sphinx/log/searchd.pid
 max_matches = 2500
 seamless_rotate = 1
 preopen_indexes = 0
 unlink_old = 1
}

4. Kemudian buka folder sphinx dan buat folder baru dengan nama "data""corpus" dan "log". Dataadalah folder untuk menyimpan hasil indexing, corpus adalah folder untuk corpus, didalam folder ini nanti kita taruh xml kita agar dapat di index oleh sphinx, dan log adalah folder yang digunakan oleh sphinx service ketika berjalan. 
5. Di dalam folder corpus kita buat file xml dengan nama corpus.xml (karena di configurasi di nomer 3 kita namain dengan corpus.xml jadi nama corpusnya harus disamain). File ini merupakan koleksi dokumen yang nantinya bakalan kita index di search engine sederhana yang kita buat yang isinya seperti dibawah (atau bisa juga dibuat sesuai selera anda).

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<sphinx:docset>
<sphinx:schema>
<sphinx:field name="title" attr="string"/>
<sphinx:field name="content" attr="string"/>
<sphinx:attr name="author_id" type="int" bits="16" default="1"/>
</sphinx:schema>
<sphinx:document id="1">
<title>Hamilton Inginkan Kemenangan di Korea GP</title>
<content>
SEOUL, KOMPAS.com - Pebalap tim McLaren, Lewis Hamilton, menginginkan kemenangan di F1 seri Korea Selatan untuk pertama kalinya.
Sejak digelar pada musim 2010, Hamilton dua kali menjadi runner-up di Korsel, karena kalah dari Fernando Alonso pada 2010 dan dari Sebastian Vettel pada 2011.
"Mobil yang saya gunakan di Jepang sangat bagus, dan kami akan memulai lomba di Korsel dengan sangat baik. Kami memiliki peluang dan momentum untuk merebut kemenangan di Korsel," kata Hamilton, Rabu (10/10/2012) di Tokyo.
Ketua tim McLaren , Martin Whitmarsh, mengatakan, dia yakin timnya masih mampu berjuang untuk merebut gelar juara sampai akhir musim pada kategori konstruktor. Whitmarsh juga berharap, Hamilton dan Jenson Button mampu menjadi juara di Sirkuit Yeongam, sehingga peluang timnya tetap terbuka.
"Hasil di Suzuka, Jepang, memperlihatkan, semuanya masih dapat terjadi di kejuaraan ini. Saya yakin kami mampu berjuang dan memenangi gelar juara di musim 2012. Untuk mewujudkannya, kami harus memperkecil selisih poin dari tim Red Bull," kata Whitmarsh.
Saat ini, tim Red Bull memimpin dengan 324 poin atau unggul 41 poin dari tim McLaren.
</content>
</sphinx:document>
<sphinx:document id="2">
<title>Summarecon Serpong dan Citra Gran Cibubur Sabet 2 Penghargaan</title>
<content>
JAKARTA, KOMPAS.com - Summarecon Serpong dan Citra Gran Cibubur meraih dua penghargaan untuk kategori Green Development dan Customer Satisfaction, dalam ajang Indocement Awards 2012 di Jakarta, Rabu (10/10/2012) ini.
Summarecon Serpong menang untuk skala Autonomous City, sedangkan Citra Gran untuk skala pengembang besar.
Untuk kategori Sustainable Development di skala Autonomous City disabet BSD City. Sementara untuk skala pengembang besar diraih oleh Bogor Nirwana Residence.
Summarecon meraih penghargaan, karena telah mengolah limbah cair dan padat yang diproduksi di kawasannya.
</content>
</sphinx:document>
<sphinx:document id="3">
<title>Galaxy Camera, Kamera Android Berbekal 3G dan WiFi</title>
<content>
JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung memamerkan perangkat kamera bersistem operasi Android dengan koneksi 3G dan WiFi di Jakarta, Rabu (10/10/2012). Perangkat tersebut bernama Galaxy Camera, yang rencananya bakal dipasarkan di Indonesia bulan November mendatang.
Vice President Mobile Business Samsung Indonesia Andre Rompis mengatakan, Galaxy Camera menghadirkan fitur dan kemampuan kamera yang tidak ditemukan di smartphone.
Kameranya bersensor 16MP BSI CMOS. Lensanya 23mm sudut lebar dengan kemampuan zoom optik 21x. ISO bisa diatur dari 100 hingga 3200. Untuk kemampuan video, Galaxy Camera bisa merekam video full HD 1920x1080p.
</content>
</sphinx:document>
<sphinx:document id="4">
<title>Isi Baterai Lumia Lewat Bantal dan Speaker</title>
<content>
KOMPAS.com - Smartphone berbasis Windows Phone 8 besutan Nokia, Lumia 820 dan Lumia 920, dibekali teknologi pengisian baterai tanpa perantara kabel (wireless). Untuk mengisi daya baterai Lumia, pengguna tinggal meletakannya di perangkat aksesori khusus.
Beberapa perusahaan siap membuat aksesori pengisi daya baterai smartphone secara nirkabel. Perusahaan teknologi audio JBL akan membuat aksesori dock speaker sekaligus pusat pengisi baterai nirkabel. Begitu pula perusahaan furnitur Fatboy yang membuat aksesori berbentuk bantal.
</content>
</sphinx:document>
</sphinx:docset>

6.  Setelah corpusnya selesai, langkah selanjutnya adalah mengindex corpus yang telah kita buat tadi dengan menggunakan command prompt (CMD). Bagi pengguna Windows jalankan CMD sebagai Administrator, selanjutnya jalankan perintah :
c:\sphinx\bin\indexer.exe --config c:\sphinx\sphinx.conf.in --all
Bagi yang gak bisa menjalankan perintah diatas dan terjadi error, coba tambahkan --rotate di akhir perintah seperti :
c:\sphinx\bin\indexer.exe --config c:\sphinx\sphinx.conf.in --all --rotate
7. Apabila sudah sukses, langkah selanjutnya adalah membuat Service Search di Windows, masih dalam CMD ketikkan perintah :
c:\sphinx\bin\searchd --install --config c:\sphinx\sphinx.conf --servicenameMySphinxSearch
Untuk nama service yang berwarna merah sebenarnya bisa diganti sesuai dengan keinginan anda. Jika service sudah sukses dibuat, sebelumnya kita cek dulu apakah service MySphinxSearch sudah berjalan apa belum. Caranya kita buka control panel -> administrative tools -> services lalu cariMySphinxSearch jika statusnya belum jalan maka jalankan.
8. Langkah terakhir copy file "sphinxapi.php" dari folder sphinx -> api kedalam folder baru di htdoc dan beri nama aja sphinx. Kemudian buat file php sederhana sebagai antar muka sistem misal dinamainindex.php di dalam folder sphinx tadi. Lalu copy-paste kodingan berikut :

<html><title>Sphinx Search</title>
<body>
<form method="get" action="">
<input type="text" name="q" size="70"/>
<input type="submit" name="op" value="search"/>
</form>
<?php
if(isset($_GET['q'])){
if($_GET['q']){
require ( "sphinxapi.php" );
$cl = new SphinxClient();
$cl->SetArrayResult(TRUE);
$cl->SetMatchMode(SPH_MATCH_EXTENDED);
$cl->SetRankingMode (SPH_RANK_BM25);
$res = $cl->Query($_GET['q']);
if ( $res===false ){
print "Query failed: " . $cl->GetLastError() .".\n";
} else {
echo '<p>'.$cl->GetLastWarning().'</p>';
echo '<p>'.$res['total'].' dokumen untuk <i><b>'.$_GET['q'].'</i></b> ('.$res['time'].' detik)</p><ol style=font-family:arial,sans-serif;color:black;text-align:left>';
if ($res['total'] != 0){
echo "<ol>";
foreach($res['matches'] as $data){
$katasubject = explode(" ", $data['attrs']['title']);
//judul artikel
echo "<li>";
echo "<b><font color='blue'>";
for($z=0;$z < count($katasubject);$z++){
if(strtolower($katasubject[$z])==$_GET['q'] || strtoupper($katasubject[$z])==$_GET['q'] ||$katasubject[$z]==$_GET['q'])
echo "<font style=font-style:bold;> <b>".$katasubject[$z]."</b></font> ";
else
echo $katasubject[$z] . " ";
}
echo "</font>";
echo "</b>";
echo "</li>";
$katacontent = explode(" ",$data['attrs']['content']);
//konten artikel
for($z=0; $z < 50;$z++){
if(strtolower($katacontent[$z])==$_GET['q'] || strtoupper($katacontent[$z])==$_GET['q'] ||$katacontent[$z]==$_GET['q']) echo "<font style=font-style:bold;> <b>".$katacontent[$z]."</b></font> ";
else
echo $katacontent[$z]." ";
}
echo "...<br/><br/>";
}
echo "<ol>";
}
}
}
else
echo 'data tidak ditemukan.';
}
?>
</html>

Nahh selanjutnya jalankan file php tersebut di localhost dan coba masukin query yang ada di corpus tadi. Contoh sederhana hasilnya seperti dibawah. Tapi kalau mau desainnya seperti Google bikin aja kodingannya sendiri ya! Hehe

[Studi kasus] bunyi beep terus dan install ulang laptop NOZA



Kemarin saya diminta tolong temen saya untuk memperbaiki laptopnya yang bermasalah, karena saya baik hati akhirnya saya bersedia diminta tolong. Walaupun diiming-iming dikasih makan gratis :p

Yapz... Setelah sampai ke TKP, layaknya seorang DOKTER saya memeriksa dan mengumpulkan berbagai macam hipotesis sehingga menjadi fakta yang nantinya bisa saya simpulkan menjadi sebuah keputusan dalam memilih kira-kira penyakit apa yang diidap oleh laptop tersebut? #halah....

Berikut tahapan-tahapan pemeriksaan dan hipotesis yang saya buat :

  1. Pada awal menyalakan laptop, laptopnya bunyi "beep" terus pendek tapi lamaa.... (Hmm... sepertinya Hardware-nya yang kena - hipotesis I)
  2. Setelah masuk Windows, sepertinya normal-normal saja. Iseng, saya coba tekan Ctrl+Alt+Del pada keyboard untuk melihat proses yang sedang berjalan. Alamaakkkk.... Gak ngefek apa-apa!! (Wahh... ini VIRUS agaknya - hipotesis II)
  3. Saya buka Explorer dan klik sana klik sini, ett.... Langsung ada pemberitahuan apa mau membuang file tersebut ke Recycle Bin? Gak sampai disitu saja, file apa aja yang saya klik bakalan ada pemberitahuan seperti itu (tapi kadang-kadang juga sieh). Bahkan parahnya karena salah klik akhirnya data di dalam FLASH DRIVE ke hapus semua!! Ahh... tidakkkk!!! Padahal itu isinya BLUE FILM semua!! *eh... (Hmm.... Sepertinya memang karena VIRUS - hipotesis III)
Setelah dilihat dan saya jelaskan kepada sang pemilik akhirnya kita sepakat untuk INSTALL ULANG.

Setelah di install ulang masalah 1 dan 2 sudah beres, walaupun yang nomer satu intensitasnya sudah kurang. Tapi penyakit yang nomer 3 tetep bertahan! Aduh.... Kalau VIRUS kok udah di INSTALL ULANG masih tetep bertahan? Hmm... sepertinya bukan karena virus lagi.

Karena penasaran akhirnya saya nanya sama om Google. Setelah nanya, akhirnya dapat hipotesis yang ternyata berhubungan sama bunyi "beep" di awal tadi. Bunyinya kira-kira seperti ini :
Kalau saat menyalakan Laptop terdapat bunyi "beep" pendek dan lama, kemungkinan terjadi kerusakan pada Hardware.

Langsung kepikiran, "Hmm... Sepertinya Keyboard-nya yang bermasalah, kayaknya tombol Del orBackspace pada saat tertentu dalam posisi menekan, sehingga saat klik file akan dengan sendirinya menghapus file tersebut. Untuk memperbaikinya bersihkan Keyboard tersebut dari debu dan kalau bisa dibersihkan menggunakan kuas dan di spray dengan air contact cleaner. kalaupun tetep tidak pengaruh, ganti Keyboard-nya!!"

Semoga Hipotesis tersebut benar dan akan saya praktekkan nanti setelah sepulang dari CYBER MERPATI. :p

Hmm.... Sepertinya menuju pada FAKTA bahwasanya KEYBOARD-nya yang rusak. :D

Cara Membuat Widget Al-Quran Online



Hallo teman-teman.... Lagi-lagi saya pengen bagi-bagi info nih, infonya sesuai sama judul diatas "Cara Membuat Widget AL QURAN ONLINE di Blog". Nah kalo mau lihat contohnya, ada di laman saya AlQuran Online. Disini kamu bisa baca Al-Quran sekaligus artinya secara online plusss ada juga suaranya langsung dari sang ahli. Jadi kalo gak bisa baca Al-Quran dengan bener, kita tinggal dengerin aja sang ahli :p

Oke gak perlu lama-lama, langsung saja ke tutorial gimana cara bikinnya ya. Hehe...

1. Silakan login ke Blogger
2. Pilih Tata Letak
3. Tambah Widget/Gadget baru
4. Setelah itu pilih Edit HTML/Javascript
5. Copy-Paste kodingan dibawah

<iframe border="0" src="http://www.pencerahanhati.com/surah_widget.php?uid=62" style="border: 0px; height: 1500px; width: 600px;"></iframe>


6. Selesai :)


Atau, kalo kamu pengen membuat laman seperti di blog saya. Kamu tinggal pilih aja Laman pada step 2, trus tambah laman baru dan pilih Laman Kosong. Selanjutnya kamu klik HTML (Disebelah Compose) dan Copy-Paste kodingan pada Step 5. Selesai... :)

Sumber : http://www.salamsalim.com/pages/alquran